Senin, 26 Oktober 2015

Persepuluhan Bag.4

Shallom. Pada Tulisan Perpuluhan bagian 4 ini penulis akan mengakhirinya. Walaupun masih ada beberapa bagian lagi yang dapat diuraikan oleh penulis tapi penulis sudah bosan bahas tentang persepuluhan , karena banyak hal lain yang dapat dibahas Lagipula tulisan ini ingin memberi tahukan hal yang sebenarnya dalam persepuluhan di mana banyak pendeta2 atau hamba2 Tuhan sering menekan jemaat dalam sarana mencari uang namun pada kenyataan mereka sendiri tidak dapat membuktikan Firman Tuhan itu sendiri dalam hidupnya.

Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain. Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu.Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak. Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi. ( Keluaran 12 : 35 - 38 )

Ayat di atas menceritakan tentang keluarnya bangsa Israel dari Mesir karena tulah kematian anak sulung dari manusia dan ternak orang Mesir. Akibat tulah yang ada maka bangsa Israel dapat membawa harta kekayaan  orang Mesir. Bahkan dikatakan merampasi , dengan demikian dalam sekejap mata bangsa Israel menjadi kaya. Tetapi kalau kita membaca Kitab keluaran, selama bangsa Israel belum memasuki tanah Kanaan, Allah tidak pernah memerintahkan persepuluhan, kecuali persembahan sukarela untuk pembangunan Kemah Suci dan peralatannya.

Sebab hingga sekarang kamu belum sampai ke tempat perhentian dan ke milik pusaka yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu. Tetapi apabila nanti sudah kamu seberangi sungai Yordan dan kamu diam di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk dimiliki, dan apabila Ia mengaruniakan kepadamu keamanan dari segala musuhmu di sekelilingmu, dan kamu diam dengan tenteram, maka ke tempat yang dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah kamu bawa semuanya yang kuperintahkan kepadamu, yakni korban bakaran dan korban sembelihanmu, persembahan persepuluhanmu dan persembahan khususmu dan segala korban nazarmu yang terpilih, yang kamu nazarkan kepada TUHAN. ( Ulangan 12 : 9 - 11 ) 

Dari ayat di atas jelas sekali dikatakan bahwa persembahan persepuluhan dan persembahan lainnya diberikan ketika sudah mendapat keamanan dan ketentraman di negeri yang berlimpah susu dan madu ( Kel 33 : 3 ). Artinya bangsa Israel hidup dalam kepastian dan jaminan dari Allah yaitu kekayaan , perlindungan dan ketentraman maka dapat memberikan persembahan untuk memuliakan nama Allah artinya nama Allah wajib kita hormati karena kebenarannya nyata sekali dalam hidup kita.

Tanggapan
Penulis juga heran kenapa gereja sering menekankan persepuluhan, bahkan pendeta terkenal suami istri dalam pelayanan di televisi memerintahkan umat agar membayar perpuluhan agar diberkati, padahal jelas sekali kalau dari uraian di atas bahwa perpuluhan dapat dibayar jika umat dalam hidup kelimpahan ( kaya ) , dilindungi dan tentram. Bagaimana kalau umat Tuhan hidup dalam kekurangan, pas-pasan ( gali lobang tutup lobang ), berhutang dan sebagainya lalu disuruh bayar persepuluhan, bukankah ini perampok, pemeras ??? Dalam hal ini Allah tidak sanggup memberkati umat tetapi butuh dana untuk pengkabaran Injil maka melakukan perampokan dan pemerasan dengan cara menawarkan harapan kosong dan tidak jelas. Apalagi di era Penjanjian Baru, ini suatu kejahatan dan penipuan.

Kesimpulan  
Jika Allah itu benar-benar Allah maka Dia harus mampu memberkati kita dahulu agar namaNya dimuliakan sebab jika tidak artinya tidak ada bedanya dengan allah-allah yang lain yang minta dilayani dulu baru memberkati. 
Belum lama ini ada penulis membaca berita adanya peristiwa pengrusakan rumah ibadah di Sumut, yang intinya masalah agama. Ini terlihat sekali bahwa allah yang minta dilayani karena pada hakekatnya bukan Allah tapi alah-allahan. Jika Yesus adalah Allah maka Ia harus memberkati kita secara kelimpahan sehingga pujian hormat bagiNya. Tapi kalau anda sudah lama jadi ikut Yesus tapi masih susah, apa yang mau ditinggikan atau dimuliakan??? hidup saja sudah tidak jelas?!?!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

HARUS ADA BERKAT DULU BARU BISA MEMBERKATI BGMN KL UTK BIAYA HDP SJ MASIH PAS2AN. HATI2 DG ORG YG SOK JG WLPUN HIDUPNYA PAS2AN IA INGIN DILHT ORG SPY TERPANDANG JG..JNG PAKSAKAN KL TDK ADA TUHAN BUKAN PEMAKSA DAN JNG DITAKUT2I....KL MRK DIBERKATI TENTU DG SENANG HATI MEMBERKATI JG..KL TDK KEWALAT ITU NMNYA ALIAS KETERLALUAN