Jumat, 27 November 2015

Siapakah Nama Allah Bag.1

Shallom. Saat ini kita akan membahas tentang nama Allah. Berkaitan dengan nama Allah, banyak orang yang tidak dapat memahaminya sehingga timbul banyak kerancuan dalam istilah nama. Untuk mempermudah pemahaman akan nama Allah maka penulis akan menulis dengan perbandingan sebagai berikut :
1. Common Name / General Name / Nama secara Umum
Maksud nama secara umum ini biasanya berkaitan dengan jenis, jabatan, dan lain-lain
Contoh : Allah, Manusia, Binatang, Tumbuh-tumbuhan, raja, presiden dan lain-lain.
2. Personal Name / Nama Pribadi
Maksudnya nama yang melekat pada pribadi tersebut. 
Contoh : manusia namanya Abraham, Ishak, Yakub.
              Ratu Inggris namanya Elizabeth II.


Setelah kita melihat penjelasan di atas maka kita akan masuk lagi dalam uraian berikut ini yaitu perbandingan dalam bahasa :
Kata Allah menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah nama Tuhan dalam bahasa Arab; pencipta alam semesta yang mahasempurna ; Tuhan Yang Maha Esa yang disembah oleh orang beriman . Kalau kita perhatikan kata Allah ada 2 pengertian yang penulis lihat sesuai bahasan di atas , yaitu
1.General Name : Pencipta alam semesta yang maha sempurna. 
2. Personal Name : nama Tuhan dalam bahasa Arab.
Pengertian Alkitab tentang Allah adalah Common / General Name bukan Personal Name ( seperti yang dianggap umat Muslim ). Alkitab merupakan terjemahan sehingga penulisan menggunakan kosa kata yang dipakai sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia dan hal inilah yang menjadi akar masalah / konflik yang ada. 
  
Perhatikan Perbandingan Common Name / General Name / Nama secara Umum dalam berbagai bahasa :
Indonesia : Allah
Inggris      : God
Ibrani        : Elohim ( ֱֱאֹלִהים ) Perjanjian Lama
Yunani      : Theos ( Θεός ) Perjanjian Baru 
Jadi jelaslah sudah bahwa Allah, God, Elohim, Theos merupakan bentuk yang sama, yaitu nama secara umum. Jadi berarti Allah mempunyai nama (Personal Name ). Siapakah nama Allah???

Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.......Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.              ( Yohanes 1 : 1 ; 14 )
Kalau kita perhatikan ayat di atas, bahwa hal ini menjelaskan tentang Allah yang menjadi manusia, yaitu Yesus Kristus ( Anak Allah ).

tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku ( Yesus Kristus )  ( Yohanes 14 : 26 )

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.      ( Matius 28 : 19 )
 
Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus.         ( Kisah Rasul 10 :48 )

Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.   ( Kisah Rasul 19 :5 )


Kalau kita perhatikan ayat-ayat di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa nama Allah, yaitu Bapa , Putra dan Roh Kudus adalah Yesus Kristus.

Pertanyaan :
Mungkin ada yang bertanya:" bukankah nama Allah, Yahweh / Jehovah / Yehowah ?". Sebab kalau kita melihat di Perjanjian Lama dikatakan demikian ( Yahweh / Jehovah / Yehowah ), jadi mana yang benar ?. Jika Allah ada Bapa, Putra dan Roh Kudus artinya Allah orang Kristen ada tiga ( 3 ) dong, apa seperti itu ?

Jawab:
Kita akan membahasnya lagi dalam Siapakah Nama Allah Bag.2 dan Trinitas. Jadi untuk sementara terima saja yang ada dahulu. 

Tuhan Yesus memberkati. 

Tidak ada komentar: