Senin, 05 Oktober 2015

Persepuluhan Bag.2

Shallom. Sekarang kita membahas lagi tentang perpuluhan bagian ke 2. Pada bagian kedua ini memang sulit dalam menyampaikan pembahasan ini, apakah dijelaskan atau tidak namun memang demikian adanya mau apalagi. Biarlah Tuhan memberikan kebijaksanaan dan pengertian kepada para pembaca dalam menanggapi apa yang tertulis ini.

Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya. .......Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama. Karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan para gembala Lot. Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah. ( Kejadian 13: 2,6,7,11 )

Disebutkan di sini Abram (Abraham) sangat kaya. Sebagai perbandingan saja, seorang sheik Arab dianggap kaya yang memiliki seratus atau dua ratus tenda, dari enam puluh sampai seratus unta, seribu domba dan kambing masing-masing. Sedang Abraham pasti melampaui Sheik Arab dan ditambah lagi emas dan perak sehingga wajar disebutkan sangat kaya.
Pada ayat di atas terlihat bahwa gembala Abram dan Lot berkelahi karena tanah tidak cukup menampung harta mereka berdua sehingga mereka berpisah.


Kalau kita baca mulai Kejadian 14 : 1 - 17, dikatakan terjadi perang antara Kedorlaomer, raja Elam bersama sekutunya terhadap Bera, raja Sodom, Birsya, raja Gomora bersama sekutunya namun Kedorlaomer, raja Elam memenangi peperangan tersebut dan menjarah harta di lembah Sodom dan Gomora, di mana Lot keponakan Abraham hartanya juga dijarah habis. Untuk mengembalikan harta Lot maka Abraham ikut berperang dan berhasil mengalahkan Kedorlaomer, raja Elam dan sekutunya. Selanjutnya pada ayat berikut : 

Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi. Lalu ia memberkati Abram, katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi, dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya. ( Kejadian 14 : 18 - 20 )

Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik. ( Ibrani 7 : 4 )

Bandingkan tulisan yang ditebalkan yaitu tentang sepersepuluh dikatakan dari semuanya ( kej 14: 20 ) tapi juga dari rampasan yang paling baik ( Ibr 7 : 4 ). Memang fakta bahwa sepersepuluh yang Abraham persembahkan dari rampasan harta kekayaan Kedorlaomer, raja Elam dan sekutunya ( total kekayaan 4 raja ).

Jadi jelaslah sudah kalau kita perhatikan dari apa yang diuraikan di atas maka kita melihat bahwa Abraham membayar / mempersembahkan perpuluhan dalam keadaan kaya  bukan miskin. Apalagi perpuluhan yang dipersembahkan juga hasil dari rampasan raja-raja seharusnya bisa saja ia memberikan dari kekayaannya sendiri, tapi penulis tidak tahu pasti mengapa demikian.

Jadi inti penjelasan yang hendak penulis sampaikan adalah persepuluhan seharusnya diberikan ketika seseorang sudah merasakan kekayaan dari Tuhan, bukan dalam dalam keadaan miskin, pas-pasan atau hanya sekedar kecukupan saja.

Pertanyaan ??? 

Jadi Apakah kita harus kaya seperti Abraham baru memberikan perpuluhan? Atau bagaimana sepantasnya?

Tanggapan
Menurut penulis tidak ada angka / nilai yang pasti tentang kekayaan ketika seseorang mempersembahkan perpuluhan. Sebab jika menunggu seperti seperti Bill Gate atau Warren Buffet sangat berlebihan sekali , namun tidak salah juga. Tetapi setiap orang hendaknya harus melihat dari sisi karunia yang diberikan Tuhan kepadanya, sebab kerohanian seseorang berkembang dengan pasokan firman Tuhan yang ada sehingga jangan dipaksakan secara membabi buta. Misalkan seseorang hanya lulusan sekolah dasar yang mungkin menghitung Rp.100 juta sulit maka jangan diserahkan padanya namun dengan bertambahnya waktu maka kemampuannya akan bertambah. Jadi jangan berfaktokan pada sekolahnya tapi kasih karunia yang akan Tuhan berikan dengan berjalannya waktu. Sebab penulis pernah memasuki sebuah perusahaan yang menurut pegawainya, direkturnya hanya tamatan SD, SMP. Jadi tak perlu berkecil hati karena kondisi yang ada demikian jadi jalankan saja yang ada dan Tuhan memberkati.

Jawab
Perpuluhan dilakukan ketika kita merasa bahwa Tuhan memberkati anda luar biasa dan anda merasakannya. Jadi jangan dibalik perpuluhan dulu baru diberkati. Kita hidup diberkati untuk memberkati ( Kej 12 : 2 ). Jadi penulis memberikan perumpamaan seperti gelas yang terisi penuh sampai tumpah, tumpahan itu yang jadi perpuluhan , bukan gelas yang hanya terisi penuh lalu diambil sepersepuluh lalu esoknya baru bertambah sedikit sudah perpuluhan lagi padahal anda saja masih kekurangan atau Tuhan sendiri belum berbuat sesuatu untuk kita tapi kita selalu dituntut berbuat sesuatu untuk Tuhan...... Inilah Taurat, jadi hidup kita seperti dalam lingkaran setan. Tuhan yang seperti ini sontoloyo, geblek sebab bisanya menuntut terus sedangkan kita manusia terbatas mau apalagi???. Lagi pula bukan perpuluhan yang dipersoalkan jika lebih dari perpuluhan tidak apa-apa kalau kita berkelimpahan sebab tujuan kita kumpulkan harta di sorgawi.

                  $$$$$$$$$$$        Sampai Jumpa di Perpuluhan Bag.3       $$$$$$$$$$$$
                                                              God Bless You

2 komentar:

Unknown mengatakan...

JANGAN TERBUAI OLEH AJAN DIBALAS 30 X 60 X MMG NYA KITA PASANG LOTRE...JNG KL BLM ADA JNG MEMAKSAKAN, YG PENTING PERSEMBAHKAN HATI YG KUDUS RASA HORMAT DAN PENUH PUJI2 AN TUHAN LBH BERKENAN KOK

Unknown mengatakan...

JANGAN TERBUAI OLEH AJAN DIBALAS 30 X 60 X MMG NYA KITA PASANG LOTRE...JNG KL BLM ADA JNG MEMAKSAKAN, YG PENTING PERSEMBAHKAN HATI YG KUDUS RASA HORMAT DAN PENUH PUJI2 AN TUHAN LBH BERKENAN KOK