Selasa, 13 Oktober 2015

Persepuluhan Bag.3

Shallom. Sebenarnya apa yang ditulis di sini pada prinsipnya sama dengan tulisan-tulisan sebelumnya, yaitu bahwa persepuluhan hanya dapat dilakukan jika Tuhan memberkati kita dahulu, bukan sebaliknya kita memberi dahulu baru Tuhan berkati. Sebab dalam pemikiran penulis, Tuhan seperti ini sebenarnya Tuhan yang miskin, tidak punya modal, makanya Dia ( Tuhan ) menjalankan bisnis asuransi dimana Dia mengumpulkan dari semua umat satu persatu lalu diberikan kepada beberapa jemaat yang kredibel ( menurut pandangannya ) dari persembahan yang terkumpul tersebut dengan jumlah yang lebih banyak sebagai kesaksian ( palsu). 

Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya. Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus. Lalu bernazarlah Yakub: "Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."  ( Kejadian 28 : 18 - 21 )


Pada ayat di atas dikatakan bahwa Yakub mendirikan tugu dan menamai Betel dan bernazar jika Allah memberkati dirinya dan bisa kembali ke rumah ayahnya ( Ishak ) maka akan memberikan persepuluhan. ( Catatan : Yakub sedang menuju ke rumah Laban, pamannya karena melarikan diri dari kejaran kakaknya Esau karena telah menipu ayahnya ). Ada orang yang bertanya bagaimana Yakub membayar persepuluhan kepada Allah??? Mari kita baca ayat yang berkaitan dalam penjelasan persepuluhan.

Lalu sampailah Yakub ke Lus yang di tanah Kanaan--yaitu Betel--,ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia. Didirikannyalah mezbah di situ, dan dinamainyalah tempat itu El-Betel, karena Allah telah menyatakan diri kepadanya di situ, ketika ia lari terhadap kakaknya..........Kemudian Yakub mendirikan tugu di tempat itu, yakni tugu batu; ia mempersembahkan korban curahan dan menuangkan minyak di atasnya.Yakub menamai tempat di mana Allah telah berfirman kepadanya "Betel". ( Kejadian 35 : 6, 7,14, 15 )

( ayat diatas menjelaskan perjalanan pulang Yakub beserta istri-istri dan anak-anaknya menuju rumah bapaknya ( Ishak ) dengan segala harta benda, ternak-ternak serta pelayan-pelayannya )
Adam Clarke's Commentary menjelaskan korban curahan : נסך  (nesech, a libation) yaitu a drink poured out as an offering to a deity : minuman yang dicurahkan sebagai persembahan untuk dewa. Hal ini umum biasanya dilakukan oleh berbagai negara. Sedangkan Pulpit Commentary mengatakan bahwa dibawah hukum  נֶסֶך- σπονδεῖον σπονδή libamentum, libamen (Vulgata); frankopfer (Luther) - terdiri dari bagian seperempat hin anggur ( 0.9 liter ), yang sama dengan sekitar sepertiga dari galon yang dicurahkan. Selain itu menuangkankan minyak. Beberapa versi terjemahan Alkitab menyatakan minyak yang dimaksud adalah minyak zaitun.
Anggur merupakan barang yang mahal, 1 botol ( sekitar 0.75 liter ) dapat berharga miliaran rupiah ( Baca : Harga Anggur (Wine) Termahal di Dunia ) dan minyak zaitun ( olive oil ) merupakan barang mahal juga jika dibandingkan minyak jenis lain yang untuk dikonsumsi dapat berharga jutaan per botol ( Baca : Minyak Zaitun Termahal di Dunia ).
Selain itu kata Betel berarti Rumah Allah. Jadi tugu batu yang didirikan Yakub dianggapnya sebagai rumah Allah sehingga di sinilah Yakub memberikan persepuluhan ( Anggur ( wine ) dan Minyak Zaitun ( Olive Oil ) ). Jadi jelaslah sudah kaitan antara Kej 28 dan Kej 35 tentang persepuluhan terjawab sudah. 

Lalu apakah Yakub dalam keadaan kaya ketika memberikan "persepuluhan"? Lihat ayat berikut :

Lalu bermalamlah ia di sana pada malam itu. Kemudian diambilnyalah dari apa yang ada padanya suatu persembahan untuk Esau, kakaknya, yaitu dua ratus kambing betina dan dua puluh kambing jantan, dua ratus domba betina dan dua puluh domba jantan, tiga puluh unta yang sedang menyusui beserta anak-anaknya, empat puluh lembu betina dan sepuluh lembu jantan, dua puluh keledai betina dan sepuluh keledai jantan. ( Kejadian 32 : 13 - 15 )

Dari ayat di atas kita hitung jumlah ternak yang dihadiahkan untuk Esau, kakaknya sebagai berikut :
kambing betina   200 ekor
Kambing jantan    20 ekor
Domba betina     200 ekor
Domba jantan       20 ekor
Unta menyusui     30 ekor , belum termasuk anak-anaknya
Lembu betina       40 ekor
Lembu jantan       10 ekor
Keledai betina      20 ekor
Keledai jantan      10 ekor 
---------------------------------
Total                    550 ekor ternak

Ternak-ternak di atas merupakan hewan yang berharga bagi bangsa di Timur. Unta perah juga merupakan hewan paling berharga bagi bangsa Arab karena susunya merupakan makanan berharga untuk kehidupan sehari-hari. Jadi singkatnya , ini merupakan suatu hadiah yang sangat berharga pada masa itu. Seperti pembahasan sebelumnya dikatakan bahwa sheik Arab dikatakan kaya jika memiliki ribuan hewan ternak. Lalu bagaimana mungkin Yakub berani memberikan 550 ekor ternaknya jika ia hanya memiliki ratusan ekor ternak ??? Bagaimana mungkin ia sanggup membiayai hidup istri-istrinya beserta anak-anaknya dan juga budak-budaknya, sebab ternak merupakan sumber kehidupan bagi kehidupan Yakub dan keluarganya  yang merupakan gembala??? Jadi dapat disimpulkan bahwa Yakub kaya dari hasil kerja kerasnya selama 20 tahun + 14 tahun. 
Dengan demikian jelaslah sudah bahwa persepuluhan diberikan ketika Yakub sudah kaya. Jadi ini menunjukan bahwa Allah memberkati kita dahulu sehingga kita dapat memberikan ucapan syukur kita.

Fakta yang Ada :
Kebanyakan umat Tuhan diperintahkan membayar persepuluhan terlebih dahulu agar diberkati Tuhan. Jadi Kondisinya dibalik, memberkati Tuhan dulu supaya diberkati. Kalau yang berhasil diberkati, atau usahanya sukses disuruh kesaksian, tetapi yang gagal tidak pernah. Hal seperti ini sebenarnya sedang berspekulasi dengan Tuhan, sebab menggunakan ayat: berilah maka kamu akan diberi.....seharus kita pahami konteks yang dimaksud.

Saran dan Kesimpulan
Persepuluhan harus diberikan ketika seseorang sudah kaya ( walau relatif, tapi orang tersebut bisa merasakannya,. Sebab tidak ada standar yang pasti tentang kekayaan tetapi orang tersebut yang merasakan dan dipuaskan oleh Tuhan sebab Tuhan menaruh iman dan pikiran setiap orang berbeda ). Kalau belum kaya anda sudah diperas dengan progam yang bernama persepuluhan, maka dapat dipastikan bahwa Tuhan yang anda sembah seorang penyamun, perampok, pemungut cukai sebab mereka demikian perilakunya. Pohon baru bertumbuh tapi sudah langsung dipetik tidak perduli kehidupan selanjutnya yang penting sudah untung dulu.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

BETUL SEJUJURNYA HRS KAYA DULU ARAU TERTUTUP SEMUA BIAYA KEHIDUPAN DAN ADA NILAI LBH UTK MEMBERI...ALLAH KUTA BKN ALLAH MINTA KPD YG POSISI GALAU DG KEADAANNYA

Unknown mengatakan...

BETUL SEJUJURNYA HRS KAYA DULU ARAU TERTUTUP SEMUA BIAYA KEHIDUPAN DAN ADA NILAI LBH UTK MEMBERI...ALLAH KUTA BKN ALLAH MINTA KPD YG POSISI GALAU DG KEADAANNYA