Minggu, 31 Maret 2013

Orang Kristen Harus Sehat ( bag.1 )

Mungkin banyak orang bertanya mengapa orang kristen harus sehat, maksudnya tidak boleh sakit? Pernyataan harus sehat membuat bingung sebagian orang, tetapi membuat penasaran sebagian orang, sebab pada kenyataan banyak orang Kristen yang bolak-balik masuk rumah sakit, dan banyak juga yang berakhir pada kematian. Apakah ini harus terjadi??? Namun karena penulis hanya berpatokan pada Firman Tuhan, maka bahasannya akan terfokus pada Firman Tuhan. Untuk jelasnya kita lihat ayat berikut :

 Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita." ( Matius 8 : 17 ) - Yunani.

Kata memikul, Yun. λαμβάνω (lambánō) : To take in whatever manner, artinya mengambil dengan cara apapun. Sebenarnya kata λαμβάνω (lambánō) memberikan juga pengertian take upon oneself, to bear : mengambil ke atas diri sendiri, menanggung. Kata menanggung, Yun. βαστάζω (bastázō ) : to take up and hold, to bear, artinya mengambil dan memegang, menanggung. Biasanya kata βαστάζω (bastázō ) dihubungkan dengan buruh, penderitaan. 


Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya ( Yes 53 : 4 ) - Ibrani

Perhatikan kata ditanggung, Ibr. ָנָשׂא (nāśā’): to lift, to carry, to take away artinya mengangkat, membawa, menanggung. Kata נָשׂא ( nāśā’) ini umumnya digunakan yang berkaitan dengan dosa atau hukuman, seperti Kain menanggung hukuman karena membunuh adiknya, atau iman yang memakan korban penebus dosa untuk menanggung dosa umat. sedang kata dipikulnya, Ibr. ָסַבל (sāḇal ): to bear a load, to carry artinya memikul beban, untuk membawa. Kata ָסַבל (sāḇal) ini digunakan seperti seorang budak mengangkat beban, atau kesalahan orang tua ditanggung oleh keturunannya seperti kutuk.
 
Analisa
Kata memikul / dipikulnya, baik Yun dan Ibr , menjelaskan tentang mengambil beban ke atas dirinya sendiri sama dengan budak. Jadi segala sesuatu beban majikan di atas dirinya ( budak ). Jadi dengan kata lain Yesus menjadi budak ( dijelaskan hamba ), dimana budak tidak punya hak sehingga segala beban majikankan dijatuhkan kepada budak.

Kata  menanggung / ditanggungnya, baik Yun dan Ibr, menjelaskan mengambil dan memegangnya kesalahan diri sendiri /orang lain yang berkaitan dengan penderitaan,dalam hal ini jelas Yesus menanggung kesalahan orang lain. Karena kata buruh menunjukan melakukan pekerjaan orang lain. Kata buruh sendiri bisa menunjuk kepada budak, karena buruh pekerja kasar dengan upah rendah yang hanya cukup untuk makan. ( bagaimana dengan di Indonesia ???)

Budak pada masa Romawi, diperlakukan seperti :
1. binatang, dimana jika pasangan budak mempunyai anak maka anak tersebut milik majikannya.
2. Barang, karena diperjual belikan serta bebas diperlakukan apa saja.
3. Penjahat, dimana jika melarikan diri maka akan dikejar dan ditangkap, dan dikeningnya dicap besi panas berhuruf : F ( fugitivus : buronan )

Karena itu Yesus disebut juga hamba yang menderita, merupakan budak yang menanggung segala beban majikan, yaitu memikul dan menanggung segala beban majikannya. Jadi jelaslah sudah bahwa segala penyakit, kesengsaraan, dan penderitaan kita sudah ditanggung oleh Yesus.

Kesimpulan 

Sudah selesai , sebab segala penyakit, kesengsaraan dan penderitaan kita sudah ditanggung Yesus di kayu salib, karena Yesus mau menjadi budak dengan menanggung dan memikul segala kesengsaraan. Jadi dalam uraian di atas, kita dapat melihat bahwa apa yang dilakukan Yesus meliputi segala aspek kesusahan hidup manusia.

Pertanyaan :
Mengapa anda sakit, susah,menderita, sengsara???

Jawab :

Harusnya tanya kepada Yesus !!!???. Memang dalam hal ini banyak hal yang membingungkan dan juga banyak alasan yang dapat dibuat-buat, terutama yang mengatas-namakan hamba Tuhan atau Pendeta.

Tidak ada komentar: