Minggu, 27 Januari 2013

Arti Nama Yesus dan Dosa

Banyak orang bertanya kepada penulis, kenapa harus kepada Yesus dalam hal pengampunan dosa manusia? Dan apa arti nama Yesus itu sendiri? Pertanyaan ini diajukan bukan hanya dari umat Kristen tapi juga dari umat agama lain. Dalam hal ini penulis akan berusaha memberikan penjelasan akan hal ini sehingga umat Kristen tidak pasrah tapi dapat menuntut bagian yang seharusnya mereka terima, juga umat lain bisa memperoleh pengertian yang benar akan Kekristenan.

Dosa
Pengertian dosa sendiri adalah sesuatu yang melanggar perintah Allah secara prinsip. Namun jika kita membahas pengertian dosa secara keseluruhan akan sangat panjang oleh karena itu kita pahami saja melalui firman Tuhan berikut ini: 

 
tetapi tentang buah  pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati. Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan memakannnya dan diberikannya  juga kepada suaminya yang bersama-sama  dengan dia, dan suaminyapun memakannnya.
                                                                               Kejadian 3 : 3 - 6
Bahasan
Melalui ayat di atas maka kita dapat memahami hal yang sebenarnya akan dosa, yaitu bukan semata-mata karena makan buah tapi ada suatu yang sangat prinsipil yaitu keinginan untuk menjadi seperti Allah dan buah itu juga memberi pengertian. Keinginan menjadi Allah merupakan dosa yang sama, seperti yang dilakukan Iblis ( Baca: Yesaya 14 : 14 - 15 ). Namun orang menganggap dosa adalah perbuatan jahat yang dilakukan oleh manusia yang berkaitan dengan moralitas, padahal itu merupakan efek atau akibat dari dosa yang selanjutnya disebut dosa karena hal ini yang membuktikan bahwa adanya kecenderungan untuk berbuat dosa dalam diri manusia.

Akibat Dosa
Firman-Nya kepada perempuan itu:"Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu." Lalu firman-Nya kepada manusia itu:"Karena engkau mendengarkan perkataan istrimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan susah bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu; dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."
                                                                           Kejadian 3 : 16 - 19
Bahasan
Perhatikan tulisan yang berwarna merah, ini adalah hal yang ditulis alkitab akibat manusia jatuh dalam dosa, yaitu ( penulis akan menulis pengertian dan maksud yang ada )
1. Susah payah dalam mengandung dan kesakitan dalam melahirkan.
2. Suami berkuasa atas istri.
3. Susah payah mencari rezeki, harus kerja keras, sengsara, penuh penderitaan.
4. Makanan manusia berasal dari tumbuh-tumbuhan.
5. Mengalami kematian.

Arti Nama Yesus 
Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."                                                                                       Matius 1 : 21
Bahasan
Sebenarnya arti nama Yesus sendiri adalah Yang menyelamatkan umatNya dari dosa. Kita umat Kristen harus menyadari, mengetahui dan memahami bahwa kematian Yesus di kayu salib, curahkan darahnya untuk pengampunan dosa. Dan salib itu sendiri menjelaskan tentang kutuk. Jika lihat Galatia 3 : 13 tertulis terkutuklah orang yang tergantung di kayu salib. Jadi jelaslah sudah maksud Yesus disalib adalah untuk melepaskan kita dari dosa. Akibat dosa maka umat manusia ada di bawah kutuk dan kita sudah membahas kutuk-kutuk yang menimpa manusia di atas.

Kesimpulan 
Jadi hanya melalui kematian Yesus di kayu salib maka diampuni dosa-dosa kita. sesuai arti nama Yesus, yaitu yang menyelamatkan umatNya dari dosa. Jadi jika kita mempunyai iman kepada Yesus dan percaya akan kematianNya di kayu salib maka kita akan beroleh pengampunan dosa dan hidup kita dipulihkan seperti di taman Eden, di mana Adam dan Hawa belum jatuh dalam dosa. Untuk jelasnya keadaan Adam dan Hawa sebelum jatuh dalam dosa, pembaca dapat lihat di kitab kejadian.
Namun ada beberapa hal sehubungan dengan keadaan sudah diampuni dosa, sesuai hal di atas ( baca akibat dosa ), yaitu nomor 2 dan 4 tetap berlaku, karena Alkitab ( Efesus 5 : 23 ) mengatakan bahwa suami adalah kepala daripada istri dan manusia juga tetap makan tumbuhan-tumbuhan sebagai makanan pokoknya, seperti beras ( Asia), Gandum ( eropa).

Persoalan
Jika hidup kita sebagai orang Kristen masih ada di bawah kutuk, yaitu penderitaan, kesusahan, kesengsaraan, kemiskinan, sakit penyakit???? bagaimana ini???? namun ada beberapa hal yang menjadi panduan kita, jika kita masih di bawah kutuk, yaitu
1. Tidak hidup kudus dan masih berhubungan dengan perdukunan.
2. Iman yang salah, misal: sengsara, miskin, dll tidak masalah yang penting masuk surga.
3. Fokus hanya pada etika moral dan tidak menyadari hak kita atau bagian kita dalam Yesus Kristus.
Namun jika ketiganyanya juga bukan maka kita dapat katakan bahwa Alkitab dan Yesus adalah Penipu. Jadi pembaca boleh beralih ke iman yang lain yang jelas, sebab jangan waktunya terbuang untuk mendengar tulisan atau ocehan yang tidak berguna di gereja.

Tidak ada komentar: